Bahasa:

Search

Email Marketing, Strategi Murah Terhubung dengan Audiens!

  • Share this:
Email Marketing, Strategi Murah Terhubung dengan Audiens!

Marketing channel media sosial terhitung sangat banyak digunakan oleh bisnis saat ini, dan begitu juga dengan website. Namun di samping itu, email marketing adalah salura  yang tidak kalah ampuh untuk dipakai sebagai saluran pemasaran.

Email marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan sarana email untuk mempromosikan barang atau jasa bisnis, Risers. Dalam dunia digital marketing, email marketing ini termasuk efektif untuk tujuan customer retention.

Namun secara umum, email marketing digunakan untuk melakukan komunikasi dengan audiens. Dan dengan komunikasi yang berkesan lebih personal, email marketing mampu menjadi alat menarik perhatian audiens baru hingga mau melakukan konversi! 

Tentunya cukup menguntungkan, bukan? Bagaimana dengan membuka sebuah channel yang dapat mencapai audiens, sales dapat bertambah dan tentunya bisa membantu bisnis bertumbuh.

Baca Juga: 5 Strategi Marketing Online yang Wajib Kamu Tahu!

Prospek Email Marketing Bagi Pemilik Bisnis Kecil dan Menengah

Email marketing dan prospeknya bagi bisnis kecil dan menengah
Sumber: Pixabay

Perusahaan besar hingga startup unicorn saat ini memang telah banyak memasukkan email sebagai salah satu marketing channel. Meskipun begitu, hal ini bukannya membuat email marketing tidak bisa menjadi pilihan bagi bisnis kecil. 

Sebaliknya, email marketing malah bisa memberi hasil yang mengesankan untuk bisnis-bisnis kecil, lho. Sebab dengan keterbatasan yang relatif banyak dimiliki bisnis kecil hingga menengah, email marketing tergolong murah dan menghemat waktu. 

Kita bisa mengambil contoh pada iklan komersial. Pembuatan iklan komersial memuat serangkaian kegiatan penyusunan yang melibatkan banyak pihak. 

Proses ini tentu bisa memakan waktu yang melebihi hitungan jari. Di saat yang sama, terdapat biaya yang tidak sedikit untuk pemasangan iklan tersebut beserta gaji SDM-SDM yang terlibat. Dengan perbandingan tersebut, maka email marketing adalah pilihan yang lebih unggul.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Marketing Campaign yang Outstanding

Memperoleh Data Email List

xeN5gamQgJPLBpBy4w_sOSJgjHhpIx_1JJRtgMTVV3LAJwKX27u0XqYVCjRjXTxkqGUkKF-ppA8jJTVfMKO_Xx5PoTw_bx2-vpf_EGhSGu4vRgbWwl6SN_uloKjGmVmG70p7WLkDMtzYjEgHqg
google.com

Sebagaimana penggunaan email pada umumnya, email marketing juga membutuhkan alamat email yang dituju. Alamat email yang dituju dalam hal ini adalah alamat email audiens dari bisnis. 

Pertanyaan selanjutnya yang muncul mungkin begini: Bagaimana caranya mendapatkan alamat email audiens? 

Memperoleh daftar alamat email dari pasar bisnis kamu nyatanya dapat ditempuh dengan beberapa cara, Risers. Simak beberapa cara di bawah ini!

Menawarkan Subscription pada Website atau Blog Bisnis 

Menawarkan subscription pada website atau blog bisnis
 

Sumber: Pixabay

Kolom ini biasanya berada di bagian bawah halaman, atau dapat juga dibuat seperti pop up window. 

Dengan cara ini kamu dapat memperoleh nama beserta alamat email audiens, lho. Sementara pada beberapa kasus bisnis juga bisa memberi penawaran menarik untuk kesediaannya berlangganan, misalnya voucher diskon dan juga ebook. 

Mengadakan Event untuk Target Audiens yang Dimiliki

Mendapat email list dengan mengadakan event
Sumber: Pixabay

Mengadakan acara webinar adalah tren di era digital saat ini. Bersamaan dengan hal itu, ini adalah kesempatan untuk menjaring data konsumen.  

Kamu dapat membuat event yang sekiranya akan menarik perhatian target audiens bisnismu. Lalu saat orang-orang akhirnya mendaftar, jangan lupa untuk menambahkan pertanyaan mengenai alamat email. 

Memanfaatkan Platform Media Sosial

Email list dari memanfaatkan media sosial
Sumber: Pixabay


 Popularitas media sosial diprediksi akan terus berkembang, maka jangan lupa untuk memanfaatkannya dengan maksimal! 

Menjaring alamat email audiens melalui media sosial bisnis yang kamu miliki pun bisa menjadi pilihan. Menurut Wisepop.com, terdapat beberapa jalan untuk melakukan hal ini. 

Cara pertama tergolong simpel, yaitu dengan langsung mencantumkan link untuk sign up email list pada kolom bio. Fitur pada media sosial seperti Story dan Feed juga bisa menjadi jalan lain. 

Pada Story kamu bisa mencantumkan clickable link untuk audiens. Link tersebut juga bisa kamu masukkan pada caption Feed. Sertakan juga berbagai penawaran menguntungkan yang sekiranya menarik di setiap tempatnya.

Baca Juga: Mengenal Social Media Marketing dan Tools yang Digunakan

Jalan Giveaway

Email marketing, email list, dan giveaway
Sumber: Pixabay

Rasanya kita bisa sama-sama setuju bahwa giveaway (GA) yang pernah diadakan Arief Muhammad x Prepp Studio berhasil menggemparkan media sosial. Pasalnya, barang yang public figure tersebut bagikan bukanlah sesuatu yang biasa ditemukan di GA pada umumnya, yaitu motor Vespa.

Bagaimana GA ini dapat menjadi jalan menumbuhkan daftar email audiens adalah melalui syarat GA itu sendiri. Jika berkaca pada GA yang dilakukan oleh Arief Muhammad, memberikan data pribadi menjadi salah syarat untuk berpartisipasi. 

Cara ini pun bisa kamu contoh, Risers. Data email termasuk ke dalam data yang cukup private. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuat alur GA yang dapat tetap menjamin kerahasiaan data audiens yang dituju.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan memanfaatkan email marketing. Selain murah, email marketing juga bisa digunakan sebagai cara menjalin hubungan dengan customer, juga untuk meningkatkan retention. 

Semoga artikel ini membantu yah. Oh ya, bagi kamu yang ingin belajar email marketing lebih dalam, kamu bisa ikut kelas digital marketing di Harisenin.com. Tenang aja, kelas-kelas di Harisenin jauh lebih murah kok dibanding platform pembelajaran yang lain.

Baca Juga: 5 Fungsi Email Marketing untuk Bisnis dan Brand

Celine Anastasya

Celine Anastasya