Bahasa:

Search

5 Fungsi Email Marketing untuk Bisnis dan Brand

  • Share this:
5 Fungsi Email Marketing untuk Bisnis dan Brand

Hi Riser! Kalian pernah nggak sih dapat pesan di email berupa promosi dari produk, ajakan membeli, atau sekadar iklan?Itu termasuk email marketing, Riser. 

Email marketing masih cukup berjaya di tengah gempuran beragam strategi marketing saat ini. Fungsi email marketing inilah yang membuat bisnis-bisnis hingga brand terkenal masih mengandalkannya.

Sesuai dengan namanya, email marketing merupakan strategi bisnis yang menggunakan email sebagai media pemasaran. Strategi ini digunakan untuk memberikan informasi perusahaan maupun menjalin relasi kepada customer.

Dalam sejarahnya, email marketing pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Gary Thuerk, seorang Marketing Manager dari Digital Equipment Corp. Beliau menggunakan Email Blast yang dikirimkan pada sekitar 400 orang dan menghasilkan sales sebanyak 13 juta dolar. Gary bertujuan ingin menyiarkan kabar penjualan komputer terbaru milik perusahaannya. Berkat kejadian ini, Gary Thuerk dinobatkan sebagai Bapak Spam dunia.

Seperti kata pepatah, sejarah pasti akan terulang. Di zaman modern, strategi Gary ini banyak digunakan beberapa perusahaan. Bisa jadi, perusahaan mempraktikan strategi ini supaya campaign yang mereka lakukan berjalan dengan efisien. Tidak hanya itu, email marketing punya manfaat dan fungsi lain lo, yang lebih menguntungkan. kira-kira apa saja ya fungsi lain dari email marketing?
 

Mencapai Target Pasar   

Fungsi Email Marketing adalah Untuk Mencapai Pasar - Unsplash
Sumber: Unsplash


Dalam dunia bisnis, memahami target pasar sangat penting. Email marketing menjadi salah satu cara untuk menjalin relasi dengan target pasar kalian. Nantinya, relasi yang tercipta ini pun dapat menjadi cukup personal.

Apakah kamu pernah menemukan newsletter dari bisnis yang kamu subscribe, di mana nama awalmu tercantum sebagai sapaan di dalamnya?

Ya, itu adalah salah satu strategi agar kamu dapat merasa lebih dekat dengan bisnis tersebut, Risers! Bahkan menurut data milik Hubspot, email yang menggunakan nama awal penerimanya ini relatif memiliki click-through rate yang lebih tinggi.

Selain memberikan impresi yang baik dari perusahaan kepada pengguna, hal ini tentu menjadi sinyal yang baik bagi para pebisnis. CTR (Click Through Rate) yang tinggi ini mengartikan bahwa target pasar mengunjungi setidaknya satu dari link dalam newsletter kamu. 
 

Baca Juga: Email Marketing, Strategi Murah Terhubung dengan Audiens!

Media Promosi Produk Bisnis   

Email Marketing sebagai Media Promosi Produk - Unsplash
Sumber: Unsplash


Email marketing kini menjadi media komunikasi untuk membicarakan hal yang membuat bisnis dan audiens tertarik. Misalnya pada email marketing yayasan non profit, topik bisa jadi akan terfokus pada isu-isu sosial, seperti feminisme, perdamaian, dan lainnya.

Tetapi di samping itu, email marketing dapat berfungsi sebagai tempat mempromosikan produk bisnis itu sendiri. Dan dua hal ini adanya dapat bersifat complementary. 

Tidak hanya promosi, perusahaan juga bisa membagikan informasi lain yang berhubungan dengan materi misalnya beberapa tips atau informasi. Memberikan bacaan yang menarik dan bermanfaat bagi audiens dapat meningkatkan ketertarikan mereka pada bisnis. Dan setelahnya, ketertarikan ini membuat newsletter yang bertujuan untuk promosi relatif dapat diterima dengan baik. 

Baca Juga: 6 Strategi Promosi yang Banyak Digunakan Perusahaan Ternama

Menghasilkan Traffic pada Website   

graphs of performance analytics on a laptop screen
Sumber: Unsplash

 

Fungsi dan keuntungan lainnya dari email marketing adalah bertambahnya traffic pada website bisnis. Melalui email, kamu dapat memasukkan link, anchor text, ataupun CTA (Call To Action) yang nantinya akan membawa pengguna pada website.

Anchor text sendiri adalah teks yang akan menghubungkanmu pada halaman lain. Teks semacam ini cenderung akan tampak atau berwarna berbeda dari teks lain. CTA dalam email biasanya berupa gambar atau tombol berisi tulisan perbuatan yang diharapkan akan diklik oleh audiens. Contoh-contoh tulisan pada tombol ini antara lain seperti “Browse the Blog”, “Start Your Business”, dan “Shop Now”. 
 

Baca Juga: Masih Ragu? Begini Keuntungan Menggunakan Website!

Mendapat Feedback tentang Produk   

Fungsi Email untuk Mendapat Feedback - Unsplash
Sumber: Unsplash


Feedback dari orang-orang yang telah mencoba produkmu adalah hal yang akan sangat bermanfaat untuk pengembangan produk ke depan. Dan ya, email marketing ini memungkinkan hal ini untuk kamu dapatkan!

Misalnya, ketika setelah pelanggan berhasil melakukan pembelian pada produk, kamu bisa mengontaknya melalui email. Ucapkan terima kasih atas ketertarikan dan pembelian yang mereka lakukan. Kemudian, tanyakan bagaimana pendapat atau kepuasan mereka mengenai pelayanan yang kamu berikan. 

Atau jika memungkinkan, kamu juga bisa membuat semacam survei atau kuesioner. Kuesioner yang ringkas akan semakin baik, sehingga kamu tidak perlu memakan banyak waktu pelanggan. Melalui kegiatan ini, kamu akan memperoleh saran dan evaluasi supaya produkmu dapat berkembang.

Menciptakan Campaign yang Lebih Murah   

Menciptakan Campaign yang Lebih Murah - Unsplash
Sumber: Unsplash


Dengan adanya email marketing, perusahaan dapat melakukan campaign dengan cara yang lebih terjangkau karena menggunakan jasa copywriter dan desain grafis. Copywriter sebagai orang yang menulis copy email, sementara desain grafis bertugas merancang hal desain dan konten visual (jika ada). Eits, bukan berarti copywriter dan desain grafis itu termasuk pekerjaan yang murah ya. 

Dengan adanya kebutuhan seperti ini, tentu membuka luas lapangan pekerjaan. Bagi kamu pebisnis baru, jasa email blast tidak berbayar semacam Mailchimp dan Sendinblue bisa jadi cara alternatif untuk meringankan biaya campaign. 

Fungsi-fungsi email marketing ini adanya cukup menguntungkan, bukan? Upaya pemasaran ini bisa kamu coba untuk bisnis dan brand-mu, Risers. Hal-hal mengenai digital marketing dan berbagai strateginya lebih lanjut juga bisa kamu lihat di sini! Sebab, Harisenin.com memiliki kelas bootcamp Digital Marketing yang unggul dan menguntungkan untuk diikuti.

Yuk, simak info kelasnya lebih lanjut!


Celine Anastasya

Celine Anastasya